MAHASISWA KKN MEMBANTU MENYUKSESKAN KEGIATAN KELAS IBU HAMIL DI DESA MOJOLAWARAN

Proses kehamilan bisa jadi momen yang membingungkan bagi sebagian perempuan, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil. Untuk itu, ibu dapat mengikuti kelas ibu hamil sejak kandungan berusia 4 minggu hingga 36 minggu (jelang persalinan).

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan kelas ibu hamil adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Pertemuan kelas ibu hamil ini dilaksanakan di desa Mojolawaran yang dihadiri oleh 9 peserta. Pertemuan diisi dengan materi tentang pencegaan Covid-19 oleh mahasiswa KKN dari IAIN KUDUS dan UMK serta dokter setempat. Selanjutnya diisi dengan materi kehamilan, perubahan tubuh saat hamil oleh bidan. Setelah pemaparan materi oleh bidan, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil. Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekan setelah sampai di rumah. Setelah kegiatan selesai, ibu hamil diberikan snack dan biskuit untuk menambah vitamin. Tujuan kelas ibu hamil diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu (AKI) di wilayah kerja Puskesmas II Gabus.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan